Ribuan Warga Padati Pesta Adat "Je'ne Je'ne Sappara" di Jeneponto

indonesiasatu, 13 Oct 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

JENEPONTO - Pesta adat "A, Je'ne Je'ne Sappara" yang diselenggarakan sekali dalam satu tahun dipadati oleh ribuan pengunjung di halaman rumah adat, Desa Balang Loe, Kecamatan Tarowang, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Minggu (13/10/2019).

Prosesi pesta adat itu, melibatkan banyak pengunjung dari dalam wilayah maupun dari luar wilayah Kecamatan Tarowang.

Mengawali sambutan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sulsel, Dr. Ashari Fakhsirie Rajamilo, menyampaikan permohonan maafnya kepada seluruh tokoh masyarakat, tokoh agama dan para pemangku adat atas ketidakhadiran bapak Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah.

Namun pun demikian, dirinya tak berkecil hati melihat antusiasme dan semangat masyarakat Tarowang yang tetap melestarikan budaya leluhur ini.

"Alhamdudillah, saya pribadi sudah dua kali berkesempatan hadir diacara seperti ini, dengan tujuaan melestarikan budaya leluhur  yang disebut acara Je'ne Je'ne Aappara," kata sapaan Karaeng Raja itu.

Menurut dia, kegiatan ini diselenggarakan tiada lain untuk melestarikan nilai-nilai budaya leluhur dan menjujung tinggi karakter bangsa dengan menanamkan sosial budaya para pemuda pemudi yang berjuluk Butta Turatea.

Selain itu kata dia untuk memperkenalkan budaya adat ini kepada generasi muda dan juga dijadikan acara hiburan bagi masyarakat dengan budaya Je'ne' Je'ne Sappara.

"Saya harap kepada masyarakat untuk tetap meningkatkan motivasi dan rasa syukur kepada Allah SWT, serta meningkatkan fungsi sosial budaya kepada sesama," terangnya.

Ketua panitia, Arwin La'bang menambahkan puncak acara Je'ne Je'ne Sappara yang dilaksanakan tahun ini berjalan lancara dan aman.

Ia berharap semoga tahun depan akan lebih meriah dan pengunjunnya lebih banyak lagi. Hanya saja untuk kegiatan tahun ini tidak dihadiri bupati Jeneponto hanya diwakili,

Padahal kata dia pihaknya sudah mengudang Bupati Jeneponto dan unsur pemerintahan.

"Saya edarkan undangan termasuk unsur pemerintahan Kabupaten Jeneponto namun tidak hadir. Saya berharap agar kegiatan yang seperti juga diperhatikan," harap dia.

Selain hadir di acara pesta adat tersebut, Ashari Fakhsirie Kr. Raja, sekaligus menutup acara Je'ne Je'ne Sappara, yang disaksikan langsung oleh aparat kepolisian jajaran Polres Jeneponto dan jajaran TNI 1425 Jeneponto, Camat Tarowang, Abd. Rahman Nara, para Kepala Desa Se-Kecamatan Tarowang dan para Pemangku adat serta tamu undangan.


Editor : Samsir

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu