Aliansi Pemuda dan Masyarakat Desa Bontocini Beberkan Panitia Banyak Pelanggaran, Ketua Panitia: Itu Cuma Kesalahan Pengetikan

Aliansi Pemuda dan Masyarakat Desa Bontocini Beberkan Panitia Banyak Pelanggaran, Ketua Panitia: Itu Cuma Kesalahan Pengetikan
Dokumen yang diarsipkan oleh Aliansi pemuda dan Masyarakat Desa Bontocini sebagai bukti nyata atas dugaan pelanggaran panitia Pemilihan Kepala Desa Bontocini, Kecamatan Rumbia Jeneponto/Syamsir.

JENEPONTO, - Aliansi Pemuda dan Masyarakat Desa Bontocini, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto angkat bicara atas adanya beberapa temuan Panitia Pimilihan Kepala Desa (Pilkades)  di Desa Bontocini yang diduga kuat melanggar regulasi.

Ketua Aliansi Pemuda dan Masyarakat Desa Bontocini, Nurdin Lolo memberkan banyaknya pelanggaran yang dimaksud dengan melihat personalitas yang tercatat dalam struktur Panitia Pilkades yang diduga kuat salah satu pendukukung bakal calon. Sehingga berpontensi terjadinya indikasi - indikasi kecurangan.

Salah satu bukti yang dikantongi adanya ratusan Warga Desa Bontocini yang tidak terdaftar namanya di DPT. Padahal, Nurdin Lolo bilang mereka yang 200 orang tersebut secara administrasi masih terdaftar namanya di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jeneponto.

"Alasan panitia orangnya tdk ada di tempat, " ucap Nurdin menirunya kepada Indonesiasatu.co.id, Jumat (24/09/2021).

Tak hanya itu beber Nurdin, terdapat juga beberapa warga luar yang terdaftar namanya di DPT Desa Bontocini dan terdaftar juga di DPT desa lain.

Selain itu, di DPT terdapat Nik ganda dengan nama yang berbeda. Ada juga beberapa orang yang ganda namanya dan ada nama yang ditps 1, ada juga ditps 2.

Parahnya lagi, ada dua orang yang masih di bawah umur namun terdaftar namanya di DPT.

Sehubungan hal tersebut, Aliansi Pemuda dan Masyarakat Bontocini sudah beberapa kali dimediasi dengan panitia. Dua kali di PMD dan satu kali di DPR, akan tapi hasilnya tetap sama.

Padahal, Nurdin sudah menyampaikan bahwa tolong pihak panitia melakukan validasi semua data ke Dinas Capil yang betul-betul warga Desa Bontocini harus di data dan yang bukan warga Bontocini dikeluarkan.

Akan tetapi tutur Nurdin, panitia desa tetap saja disuruh melanjutkan tahapan dengan alasan panitia desa tidak mau lagi merubah DPT yang sudah ditetapkan.

"Ini kan sudah jelas-jelas banyak kekeliruan di DPT kenapa disuruh lanjutkan, " ucap Nurdin dengan nada herang.

Dengan banyaknya dugaan pelanggaran tersebut yang disinyalir Panitia Pilkades Desa Bontocini. Nurdin Lolo selaku ketua Aliasin Pemuda dan Masyarakat Desa Bontocini menuntut kepada Panitia Kabupaten agar Panitia Desa diganti.

Ia berpendapat bahwa panitia desa sudah banyak melakukan kesalahan yang tidak mengacu pada Peraturan Bupati (Perbup) nomor: 23 tahun 2021 pada pasal 24 ayat 1 serta pasal 25 ayat, jelasnya. 

Dikonfirmasi, Ketua Panitia Desa Bontocini, Reskina Tayu mengatakan bahwa sekaitan hal tersebut sudah sesuai regulasi perbup. 

"Panitia jalan sesuai regulasi perbub no 32 tahun 2021 dan perda no 9, " tulisnya melalui pesan whatsApp, " Jumat (24/09/2021).

Ditanya apakah DPT itu sudah sesuai dengan regulasi.?

"Siap, " jawabnya singkat.

Reskina Tayu bilang DPT itu sudah ditetapkan dari tanggal, 09 September 2021 sudah sesuai regulasi. Yang dihadiri langsung oleh ketua Aliasi Pemuda Desa Bontocini.

Ditanya lagi adanya beberapa dugaan kesalahan yang ada di DPT. Namun, Reskina Tayu mengaku itu cuma kesalahan pengetikan.

"Itu cuma kesalahan pengetikan, " tulisnya lagi.

Penulis: Syamsir

Editor: Cq

JENEPONTO SULSEL
Syamsir

Syamsir

Previous Article

Inseminator Terbaik yang Bakal Wakili Jeneponto...

Next Article

Diskominfo Jeneponto Gelar Rapat Perubahan...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi verified

Postingan Bulan ini: 61

Postingan Tahun ini: 2829

Registered: May 23, 2021

AFRIZAL

AFRIZAL

Postingan Bulan ini: 60

Postingan Tahun ini: 1788

Registered: May 25, 2021

Zulfahmi

Zulfahmi

Postingan Bulan ini: 40

Postingan Tahun ini: 701

Registered: Nov 23, 2021

Muh. Ahkam Jayadi

Muh. Ahkam Jayadi verified

Postingan Bulan ini: 37

Postingan Tahun ini: 81

Registered: Aug 19, 2021

Profle

Iswan Dukomalamo verified

Kota Tikep Berlakukan Kartu Vaksin Sebagai Syarat Penyebrangan Antar Pulau
Upaya Mencegah Masyarakat Dari Resiko Hukum, Kejati Malut Gelar Kegiatan Penerangan Hukum
Bus Manggarai Indah Trayek Maumere-Ruteng Tertimpa Pohon di Boawae Lima Penumpang Dilarikan ke Puskesmas
Bangunan Senilai 4, 2 Milyar Mangkrak, Ada Temuan  Korupsi

Follow Us

Recommended Posts

Barru Banjir, Bantuan Pribadi Mulai Mengalir di Posko Induk
Tim Sapu Jagat Siaga Bencana Tanete Rilau Kerja Bakti Bongkar 3 Rumah di Desa Paopao
Sekda Barru Tinjau Langsung Sejumlah Titik Bencana, Ini Harapannya !
Kapolri Paparkan Langkah Jangka Pendek dan Menengah Tangani Erupsi Gunung Semeru
Kapolri Paparkan Langkah Jangka Pendek dan Menengah Tangani Erupsi Gunung Semeru