Hari Cuci Tangan Pakai Sabun se-Dunia, Bupati Jeneponto Terima Penghargaan STBM Award dari Kemenkes RI

Hari Cuci Tangan Pakai Sabun se-Dunia, Bupati Jeneponto Terima Penghargaan STBM Award dari Kemenkes RI
Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar menerima penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award dari Kementrian Kesehatan Repubilik Indonesia (Kemenkes RI).

JENEPONTO, - Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar menerima penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI).

Pemberian pengharagaan tersebut digelar secara daring di Baruga Kalabirang Rumah Jabatan Bupati Jeneponto pada Jumat, (15/10/2021) sekira pukul 08.15 pagi tadi.

Pada kesempatan kali ini, selain Bupati Jeneponto Iksan Iskandar yang didampingi oleh Ketua TP-PKK Jeneponto Hj. Hamsiah Iksan dan Kepala Dinas Kesehatan Syusanti Mansyur, turut hadir juga Kepala Bappeda H. Masri, Kepala Dinas PTSP Meriyani Anwar, Kadis PUPR, dan Forum KKS serta Pejabat Tinggi lainnya di lingkungan Pemerintah Daerah kabupaten Jeneponto. 

Pemberian penghargaan STBM Award itu oleh Kemenkes RI melalui Direktorat Kesehatan Lingkungan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Jeneponto dan beberapa kabupaten lainnya dalam rangka Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia

Saat ini beberapa Provinsi, Kabupaten dan Kota telah berhasil melaksanakan program STBM ini, diantaranya Kabupaten Jeneponto, sehingga diharapkan dapat menjadi pembelajaran bagi daerah lain. 

Bupati Iksan Iskandar mengatakan, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat atas keberhasilan suatu daerah dalam mengubah perilaku hidup bersih dan sehat.

Selain itu tutur Bupati, kemampuan dalam melahirkan inovasi-inovasi baru berbasis 5 pilar STBM diantaranya. Stop Buang Air Besar Sembarangan, Cuci Tangan Pakai Sabun, Pengelolaan Air Minum/Makanan, Pengelolaan Sampah dan Pengelolaan Limbah Cair.

Kata Bupati bahwa penghargaan STBM ini berkelanjutan dan mewajibkan daerah mencapai 100% stop buang air besar sembarangan serta membuat inovasi kesehatan yang sifatnya memberdayakan dan bermanfaat kepada masyarakat.

"Saya selaku pemerintah daerah kabupaten jeneponto tentunya berterimakasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras untuk mendapatkan penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) ini, " ucap Bupati. 

Pada kesempatan yang sama Bupati juga memberikan apresiasi kepada tim penilai dan panitia Kementerian Kesehatan atas komitmennya dalam upaya monitoring dan evaluasi percepatan daerah ODF 100% dan implementasi 5 pilar STBM.

Bupati dua periode itu, juga Iksan mengajak seluruh komponen pemangku kepentingan dan masyarakat untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat dengan membudayakan STBM demi mencegah stunting dan penyakit menular berbasis lingkungan termasuk Covid-19.

"Saya berharap setelah penganugerahan STBM Award hari ini dapat memacu 113 desa/kelurahan untuk terus berinovasi dalam berbagai bentuk, untuk mewujudkan ketersediaan air bersih dan sanitasi layak bagi seluruh masyarakat, " harap Iksan.

Di tempat yang sama, Kadinkes Jeneponto, Syusanti A. Mansyur, juga menyampaikan ucapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah berperan aktif dalam membantu dan mendorong akses sanitasi yang layak dalam kerangka menuju masyarakat yang sehat dan aman.

“Terima kasih kepada semua stakeholder yang telah mendukung upaya perbaikan akses sanitasi ini sehingga melalui kolaborasi program yang berkelanjutan dan pemberian reward bagi desa/kelurahan yang sudah mencapai kategori ODF, " singakat Susanti.

Penulis: Syamsir

Editor: Cq

JENEPONTO SULSEL
Syamsir

Syamsir

Previous Article

Owner Balla Kopi Beberkan Tahapan Pilkades...

Next Article

Ingin Dioperasi Tapi Terkendala e-KTP, Helmia...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi verified

Postingan Bulan ini: 60

Postingan Tahun ini: 2828

Registered: May 23, 2021

AFRIZAL

AFRIZAL

Postingan Bulan ini: 59

Postingan Tahun ini: 1787

Registered: May 25, 2021

Zulfahmi

Zulfahmi

Postingan Bulan ini: 40

Postingan Tahun ini: 701

Registered: Nov 23, 2021

Aa Ruslan Sutisna

Aa Ruslan Sutisna

Postingan Bulan ini: 34

Postingan Tahun ini: 232

Registered: Oct 23, 2021

Profle

Iswan Dukomalamo verified

Kota Tikep Berlakukan Kartu Vaksin Sebagai Syarat Penyebrangan Antar Pulau
Upaya Mencegah Masyarakat Dari Resiko Hukum, Kejati Malut Gelar Kegiatan Penerangan Hukum
Bangunan Senilai 4, 2 Milyar Mangkrak, Ada Temuan  Korupsi
Tingkatkan Herd Immunity, Ini Yang Dilakukan Dokpol Mabes  Polri di Kota Tidore Kepulauan

Follow Us

Recommended Posts

Barru Dikepung Banjir, Puluhan Warga Dusun Pallae Desa Lampoko Dievakuasi
Aska Mappe Tinjau Langsung Wilayah Terdampak Banjir
Sukses Raih Transformasi Teknologi, Kemenperin RI Beri Perhargaan kepada PT Semen Tonasa
Usung Tema Ekonomi Syariah, GenBI UIN Alauddin Gelar Sharing Session Seri III
Hujan Terus Guyur Kota Pangkep, Wakil Bupati Turun Langsung Pantau Sejumlah Titik Banjir