Pembangunan Indomaret yang Diduga Langgar Regulasi, Ketua Komisi III DPRD Jeneponto akan Panggil Dinas PU dan Tim Teknis

Pembangunan Indomaret yang Diduga Langgar Regulasi, Ketua Komisi III DPRD Jeneponto akan Panggil Dinas PU dan Tim Teknis
Lokasi pembangunan ruko (Indomaret) di Kelurahan Tamanroya jalan poros Kecamatan Tamalatea, Kabupaten Jeneponto Sulawesi Selatan/Syamsir.

JENEPONTO, - Terkait pelaksanaan pembangunan ruko (indomaret) yang berlokasi di Kelurahan Tamanroya tepatnya jalan poros Kecamatan Tamalatea, Kabupaten Jeneponto Sulawesi Selatan yang diduga melanggar Perda No. 1 Tahun 2012 tentang RTRW Kabupaten Jeneponto. Perda No. 3 Tahun 2014 tentang Bangunan Gedung.

Dan Peraturan bupati No. 16 Tahun 2016 tentang Ijin Mendirinkan Bangunan (IMB). Dan garis sempadan jalan terhadap bangunan tidak sesuai dengan yang ditetapkan yang minimal 15 m dari bahu jalan terendah.

Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jeneponto, Khaidir Adi Syaputra berjanji akan memanggil Kepala Dinas PUPR Jeneponto dan Tim Teknis PU Bidang Tata Ruang dalam waktu dekat ini.

"Ya, tentunya kami dari komisi III yang membidangi pembangunan akan memanggil Dinas PU dan Tim Teknisnya, " kata Adi sapaanya itu.

"Jadi nanti saya akan konfirmasikan terkait hal itu, karena saya juga ini baru tahu ada seperti itu, " sambungnya kepada Indonesiasatu.co.id (27/09/2021).

Adi menegaskan kalau itu dalam pelanggaran tentu akan diproses sebagaimana mestinya. Sebab, dalam hal pembangunan wajib ada ijin dan tetap berjalan di atas regulasi.

"Hanya saja kami selaku fungsi pengawasan tidak berani untuk memberikan sanksi, sekalipun itu melanggar kami tidak berani merekomendasikan untuk melakukan pembokaran, " terangnya.

Dan Kalau pun itu diketahui bahwa pemilik lahan yang ditempati membangun indomaret adalah salah satu anggota DPRD Jeneponto sendiri, tentu tutur Adi akan menjadi sebuah catatan bagi Dinas PU sendiri. 

"Jadi harapan saya Dinas PU harus menjalankan tugasnya secara profesional tidak melihat latar belakangnya siapa. Intinya harus berdasarkan aturan, " pungkas Adi.

Dapat diketahui, sebelumnya Dinas PUPR Kabupaten Jeneponto telah melayangkan perihal surat teguruan kepada Direktur PT. Indomarco Prismatama beberapa hari lalu.

Surat teguran tersebut ditandatangani oleh tim teknis dinas PU dan Penataan Ruang, mengetahui Kepala Dinas PUPR Kabupaten Jeneponto,  Muh Arifin Nur, tertanggal 09 Agustus 2021.

Penulis: Syamsir

Editor: Cq

JENEPONTO SULSEL
Syamsir

Syamsir

Previous Article

Hadiri Paripurna di DPRD Jeneponto, Bupati...

Next Article

Diskominfo Jeneponto Gelar Rapat Perubahan...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi verified

Postingan Bulan ini: 60

Postingan Tahun ini: 2828

Registered: May 23, 2021

AFRIZAL

AFRIZAL

Postingan Bulan ini: 59

Postingan Tahun ini: 1787

Registered: May 25, 2021

Zulfahmi

Zulfahmi

Postingan Bulan ini: 40

Postingan Tahun ini: 701

Registered: Nov 23, 2021

Aa Ruslan Sutisna

Aa Ruslan Sutisna

Postingan Bulan ini: 34

Postingan Tahun ini: 232

Registered: Oct 23, 2021

Profle

Iswan Dukomalamo verified

Kota Tikep Berlakukan Kartu Vaksin Sebagai Syarat Penyebrangan Antar Pulau
Upaya Mencegah Masyarakat Dari Resiko Hukum, Kejati Malut Gelar Kegiatan Penerangan Hukum
Bangunan Senilai 4, 2 Milyar Mangkrak, Ada Temuan  Korupsi
Tingkatkan Herd Immunity, Ini Yang Dilakukan Dokpol Mabes  Polri di Kota Tidore Kepulauan

Follow Us

Recommended Posts

Barru Dikepung Banjir, Puluhan Warga Dusun Pallae Desa Lampoko Dievakuasi
Aska Mappe Tinjau Langsung Wilayah Terdampak Banjir
Sukses Raih Transformasi Teknologi, Kemenperin RI Beri Perhargaan kepada PT Semen Tonasa
Usung Tema Ekonomi Syariah, GenBI UIN Alauddin Gelar Sharing Session Seri III
Hujan Terus Guyur Kota Pangkep, Wakil Bupati Turun Langsung Pantau Sejumlah Titik Banjir