Pertama di Jeneponto, Istri Bupati Serahkan KK dan eKTP di Rumah Pengantin, Hj.Hamsiah Iksan: Patut Kita Apresiasi Kerja-kerja Disdukcapil

Pertama di Jeneponto, Istri Bupati Serahkan KK dan eKTP di Rumah Pengantin, Hj.Hamsiah Iksan: Patut Kita Apresiasi Kerja-kerja Disdukcapil
Istri Bupati Jeneponto, Hj. Hamsiah Iksan didampingi petugas Disdukcapil menyerhakan KK dan eKTP kepada kedua pasangan pengantin di kampung Sulurang, Kelurahan Tonrokassi, Kecamatan Tamalatea/Syamsir.

JENEPONTO, - Tak hanya istri Bupati Jeneponto, Hj. Hamsiah Iksan yang mengapresiasi pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Jeneponto.

Bahkan, sejumlah tamu undangan pun merasa kagum saat melihat langsung, Hj. Hamsiah Iksan yang juga selaku Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Jenponto menyerahkan langusung dokumen kependudukan berupa KK dan eKTP di salah satu pesta pernikahan di rumah kediaman Dg Jaya yang bertempat di Kampung Suluran, Kelurahan Tonrokassi, Kecamatan Tamalatea pada Jum'at (17/09/2021).

Dg Jaya yang merupakan ayah handa dari mempelai laki-laki Ahmad Nur Alam berpasangan Sitti Mardana menyampaikan ucapan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada pihak Pencatatan Sipil Kabupaten Jeneponto atas pelayanan yang diberikannya. 

"Saya sangat berterimakasih banyak kepada pihak capil kerena KK dan KTPnya anakku yang sementara duduk pengantin langsung diantar ke rumah. Ini pertama kali terjadi di Jeneponto" ungkapnya.

Jaya mengatakan bahwa ini salah satu bentuk terobosan baru yang cukup mengapresiasi masyarakat banyak.

Dimana, Disdukcapil Jeneponto langsung menerbitkan dukumen baru berupa KK dan eKTP bagi pengantin baru kemudian kata Jaya petugas Capil yang antarkan langusung kebersangkutan.

"Tadi itu Ibu Bupati langsung yang menyerahkan KK dan KTPnya kepada sang pengantin, " katanya. 

"Alhamdulillah sekali lagi terimakasih banyak yah,  karena tidak repot repot lagi datang di kantor Capil mengurus data baru untuk perubahan statusnya, " tambah Jaya. 

Di tempat yang sama, Ketua TP-PKK Jeneponto, Hj. Hamsiah Iksan mengatakan bahwa ini salah satu bentuk pelayanan yang cukup bagus dan patut diapresiasi karena petugas Dinas Pencatatan Sipil langsung antarkan KK dan KTP barunya di rumah pengantin.

"Yah saya sangat mendukung sekali. Tentunya ini adalah salah satu inovasi yang patut kita apresiasi atas kerja-kerja daripada tim pencatatan sipil karena dia betul betul bekerja. Kita sudah saksikan langsung, " ucap istri Bupati itu. 

Kata dia, bagus kalau semua tim dari Catatan Sipil ini melihat secara langsung siapa-siapa yang melaksanakan akad nikah supaya masyarakat tertib administrasi.

"Saya berharap kedepannya semoga lebih baik lagi dan lebih semangat untuk bagaimana pendataan di Kabupaten Jeneponto lebih akurat lagi, " tutupnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendafraran Kependudukan Dukcapil Jeneponto, Hj. Isnawati menjelaskan hal itu merupakan program baru bagi Disdukcapil Jeneponto. 

Memang banyak inovasi-inovasi di Capil yang sudah berjalan, seperti sebut dia, perekaman keliling eKTP di Desa/Lurah, menjemput berkas, mendatangi warga di rumahnya dan di rumah sakit/puskesmas yang sifatnya emergensi. 

"Nah ini inovasi baru lagi sekaligus program baru Capil menerbitkan KK dan eKTP bagi warga yang mau menikah, " katanya.

"Ceritanya begini, sebelum dia menikah ke kantor dulu bermohon dengan membawa berkasnya. Jadi kalau dia sudah menikah kita cetakkan mi KK dan KTPnya untuk merubah status kawinnya, kemudian kita antarkan langsung di rumahnya, " kata dia lagi.

Hal itu tutur Isnawati untuk mempermudah masyarakat mendapatkan administrasi kependudukan baru supaya mereka tidak susah-susah lagi datang di kantor Capil bermohon. 

"Inovasi ini bukan sekedar seremonial saja, akan tetapi kita terus lakukan sepanjang mereka (warga) datang di kantor bermohon dengan melengkapi berkas. Kita layani, " terangnya. 

Penulis: Syamsir

Editor:Cq

SULSEL JENEPONTO
Syamsir

Syamsir

Previous Article

Puluhan Tahun Lumpuh Tak Punya eKTP, Kakek...

Next Article

Diskominfo Jeneponto Gelar Rapat Perubahan...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono

AFRIZAL

AFRIZAL

Postingan Bulan ini: 60

Postingan Tahun ini: 1788

Registered: May 25, 2021

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi verified

Postingan Bulan ini: 60

Postingan Tahun ini: 2828

Registered: May 23, 2021

Zulfahmi

Zulfahmi

Postingan Bulan ini: 40

Postingan Tahun ini: 701

Registered: Nov 23, 2021

Muh. Ahkam Jayadi

Muh. Ahkam Jayadi verified

Postingan Bulan ini: 36

Postingan Tahun ini: 80

Registered: Aug 19, 2021

Profle

Iswan Dukomalamo verified

Kota Tikep Berlakukan Kartu Vaksin Sebagai Syarat Penyebrangan Antar Pulau
Upaya Mencegah Masyarakat Dari Resiko Hukum, Kejati Malut Gelar Kegiatan Penerangan Hukum
Bangunan Senilai 4, 2 Milyar Mangkrak, Ada Temuan  Korupsi
Bus Manggarai Indah Trayek Maumere-Ruteng Tertimpa Pohon di Boawae Lima Penumpang Dilarikan ke Puskesmas

Follow Us

Recommended Posts

Tim Sapu Jagat Siaga Bencana Tanete Rilau Kerja Bakti Bongkar 3 Rumah di Desa Paopao
Sekda Barru Tinjau Langsung Sejumlah Titik Bencana, Ini Harapannya !
Kapolri Paparkan Langkah Jangka Pendek dan Menengah Tangani Erupsi Gunung Semeru
Tim Siaga Bencana Tanete Rilau Bongkar 1 Rumah di Maralleng Desa Paopao
Kapolri Paparkan Langkah Jangka Pendek dan Menengah Tangani Erupsi Gunung Semeru